Minggu, 22 Januari 2023

CONTOH TEKNIK PENSKORAN,KISI KISI SOAL DAN SOAL BAHASA ARAB


Makul      : Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

Jumlah     : 30

A. Soal

1.     Dalam ilmu nahwu, Kalam berupa…

a.      Segala benda yang berfaedah

b.     Salah satu buku nahwu

c.      Arti dari perkataan

d.     Susunan lafadz yang bisa dimengerti

 

2.     Kalimat….merupakan kata benda.

Dibawah ini mana yang merupakan kata yang cocok untuk mengisi kalimat yang kosong diatas?

a.      Isim

b.     Fi’il madhi

c.      Fi’il mudhori’

d.     Huruf

 

3.     Berikut yang bukan merupakan salah satu kalimat adalah…

a.      Idhofah

b.     Marfuatul asma’

c.      Huruf

d.     Mahfudhotul asma’

 

4.     Berikut yang merupakan ciri-ciri kalimat fiil adalah….

a.          Disertai ال

b.         Disertai tanwin

c.          Disertai ta’ taknis

d.         Disertai zaman

 

5.     من اسمك؟

Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan diatas adalah..

a.      صبح النر

b.     اسمى زيد

c.      اهلا بك

d.     احبك

 

 

6.     Bagaimana cara menanyakan “Bagaimana kabarmu” dengan bahasa Arab?

a.       كيف حلك

b.       من اسمك

c.       بخير

d.       انا احمد

 

7.     Bagaimana menjawab pertanyaan “كيف حلك

a.       انا احمد

b.       من اسمك

c.       انا بخير

d.       اهلا بك

 

8.     Berikut yang bukan merupakan salah satu I’rob adalah…

a.       Rofa’

b.       Nashob

c.       Jer

d.       Mabni

 

9.     Berikut I’rob yang tidak bisa dimasuki isim

a.       Rafa’

b.       Nashob

c.       Jer

d.       Jazm

 

10.  Berikut I’rob yang tidak bisa dimasuki fi’il

a.       Rafa’

b.       Nashob

c.       Jer

d.       Jazm

 

11.  Irob rofa’ mempunyai…alamat

a.       1

b.       2

c.       3

d.       4

 

12.  Isim yang menunjukkan makna ganda disebut…

a.       Isim mufrot

b.       Isim jama’ muanast salim

c.       Isim tasniah

d.       Isim jama’ taksir

 

13.  Fi’il yang mabdi jazm bisa disebut dengan…

a.       Fi’il madhi

b.       Fi’il mudhori’

c.       Fi’il amar

d.       Af’alul khomsah

 

14.  نَغْسِلُ المَلابِسَ فيْ غَسّالاتٍ كَهْرَبَائية. غَسّالاتٍ كَهْرَبَائية معناها

a.       Mesin masak

b.       Mesin cuci

c.       Mesin listrik

d.       Setrika

 

15.  وَالْإضَاءَةُ باَلْكَهْرَبَاءِ. الْإضَاءَةُ معناها

a.       Penerangan listrik

b.       Rambu lalu lintas

c.       Mesin listrik

d.       Gerobak

 

16.  إذَا اِنْقَطَعَتِ اَلْكَهْرَبَاءُ تَعَطّلَ كُلُّ شَيْئٍ. تَعَطّلَ معناه

a.       Padam

b.       Macet

c.       Menyala

d.       Lancar

 

17.  الكهرباء مُهِمّةٌ جدا في حياتنا. مُهِمّةٌ مَعْنَاهَا

a.       Bahaya

b.       Perlu

c.       Manfaat

d.       Banyak

 

18.  لا أسْتَطِيْعُ أن أكْتُبَ عَلىَ الْحَاسُوْب لِأنَّ اَلْكَهْرَبَاءُ

a.       يَعْمَلُ

b.       أضَاءَتْ

c.       مِنْ أهَمِّ اْلمَرَافِقِ اْلعَامّةِ

d.       اِنْقَطَعَتِ

 

 

19.  إذَا اِنْقَطَعَتِ اَلْكَهْرَبَاءُ تَعَطّلَ كُلُّ شَيْئٍ. اِنْقَطَعَتْ  ضِدُّهـا

a.       أضَاءَتْ

b.       تَسْتَخْدِمُ

c.       تَجْعَلُ

d.       تَمُرُّ

 

20.  مِنْ وَسَائِلِ النَقْلِ التي تَسِيْرُ عَلىَ الْمَاءِ

a.        اَلْعَرَبَةُ

b.       الجَوَّالَة

c.       السَفِيْنَةُ

d.       الطائرة

 

ESSAI

1.     Apa definisi Kalam?

2.     Sebutkan macam-macam kalimat!

3.     Contohkan kalam secara sempurna!

4.     Apa perbedaan dari fi’il madhi dan fi’il amar?

5.     Sebutkan alamat I’rob rofa’!

6.     Apa yang mempengaruhi sebuah kalimat bisa berubah ubah?

7.     Apa bahasa arab dari “saya berdiri di depan kelas membawa buku”?

8.     Apa bahasa arab dari “bagaimana kabarmu pagi ini”?

9.     Maknai kalimat berikut “هذا الكتاب أحمر

10.  Apa jawaban yang tepat dari “كيف حالك هذا المساء؟

 

B. Kisi kisi

1.     Pilihan ganda

NO

Kompetisi dasar

Point

1-4

Siswa mengetaui tentang definisi kalam dan kalimat

3

5-7

Siswa mengetahui percakapan arab dasar (ta’aruf)

3

8-11

Siswa dapat memahami I’rob dan pembagiannya

3

12-13

Siswa dapat memahami perbedaan isim dan fi’il

3

14-17

Siswa menguasai memaknai mufrodat BA

3

18-20

Siswa mampu menelaah kalimat yang berbahasa arab

3

20

 

60

 

2.     Essai

NO

Kompetisi dasar

Point

1-3

Siswa dapat menguraikan dan mencohtohkan kalam dan kalimat

4

4-7

Siswa dapat memahami I’rob dan dapat membedakan antara satu kalimat dengan kalimat yang lainnya

4

7-8

Siswa berkemampuan menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa arab

4

9

Siswa berkemampuan menerjemahkan bahasa arab ke bahasa indonesia

4

10

Siswa berkemampuan menjawab pertanyaan dari bahasa arab

4

10

 

40

 

 

 

 

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ilmu naqd (علم النقد)

 النقد: التمييز وإخراج الزيف، شيء جميل وقبيح، دراسة الأعمال الأدبية، والبحث عن القبيح والجميل، ثم إصدار الأحكام المناسبة عنها Ilmu Naqd : Na...