Makul : Evaluasi Pembelajaran
Bahasa Arab
Jumlah : 30
A. Soal
1. Dalam ilmu nahwu, Kalam berupa…
a. Segala benda yang berfaedah
b. Salah satu buku nahwu
c. Arti dari perkataan
d. Susunan lafadz yang bisa dimengerti
2. Kalimat….merupakan kata benda.
Dibawah ini
mana yang merupakan kata yang cocok untuk mengisi kalimat yang kosong diatas?
a. Isim
b. Fi’il madhi
c. Fi’il mudhori’
d. Huruf
3. Berikut yang bukan merupakan salah satu
kalimat adalah…
a. Idhofah
b. Marfuatul asma’
c. Huruf
d. Mahfudhotul asma’
4. Berikut yang merupakan ciri-ciri kalimat
fiil adalah….
a.
Disertai ال
b.
Disertai tanwin
c.
Disertai ta’ taknis
d.
Disertai zaman
5. من اسمك؟
Jawaban yang tepat untuk menjawab
pertanyaan diatas adalah..
a. صبح النر
b. اسمى زيد
c. اهلا بك
d. احبك
6. Bagaimana cara menanyakan “Bagaimana
kabarmu” dengan bahasa Arab?
a. كيف حلك
b. من اسمك
c. بخير
d. انا احمد
7. Bagaimana menjawab pertanyaan “كيف حلك”
a. انا احمد
b. من اسمك
c. انا بخير
d. اهلا بك
8. Berikut yang bukan merupakan salah satu
I’rob adalah…
a. Rofa’
b. Nashob
c. Jer
d. Mabni
9. Berikut I’rob yang tidak bisa dimasuki isim
a. Rafa’
b. Nashob
c. Jer
d. Jazm
10. Berikut I’rob yang tidak bisa dimasuki
fi’il
a. Rafa’
b. Nashob
c. Jer
d. Jazm
11. Irob rofa’ mempunyai…alamat
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
12. Isim yang menunjukkan makna ganda disebut…
a. Isim mufrot
b. Isim jama’ muanast salim
c. Isim tasniah
d. Isim jama’ taksir
13. Fi’il yang mabdi jazm bisa disebut dengan…
a. Fi’il madhi
b. Fi’il mudhori’
c. Fi’il amar
d. Af’alul khomsah
14. نَغْسِلُ المَلابِسَ فيْ غَسّالاتٍ كَهْرَبَائية. غَسّالاتٍ
كَهْرَبَائية معناها
a. Mesin masak
b. Mesin cuci
c. Mesin listrik
d. Setrika
15. وَالْإضَاءَةُ باَلْكَهْرَبَاءِ. الْإضَاءَةُ معناها
a. Penerangan listrik
b. Rambu lalu lintas
c. Mesin listrik
d. Gerobak
16. إذَا اِنْقَطَعَتِ اَلْكَهْرَبَاءُ تَعَطّلَ كُلُّ شَيْئٍ.
تَعَطّلَ معناه
a. Padam
b. Macet
c. Menyala
d. Lancar
17. الكهرباء مُهِمّةٌ جدا في حياتنا. مُهِمّةٌ مَعْنَاهَا
a. Bahaya
b. Perlu
c. Manfaat
d. Banyak
18. لا أسْتَطِيْعُ أن أكْتُبَ عَلىَ الْحَاسُوْب لِأنَّ
اَلْكَهْرَبَاءُ
a. يَعْمَلُ
b. أضَاءَتْ
c. مِنْ أهَمِّ اْلمَرَافِقِ اْلعَامّةِ
d. اِنْقَطَعَتِ
19. إذَا اِنْقَطَعَتِ اَلْكَهْرَبَاءُ تَعَطّلَ كُلُّ شَيْئٍ. اِنْقَطَعَتْ
ضِدُّهـا
a. أضَاءَتْ
b. تَسْتَخْدِمُ
c. تَجْعَلُ
d. تَمُرُّ
20. مِنْ وَسَائِلِ النَقْلِ التي تَسِيْرُ عَلىَ الْمَاءِ
a. اَلْعَرَبَةُ
b. الجَوَّالَة
c. السَفِيْنَةُ
d. الطائرة
ESSAI
1. Apa definisi Kalam?
2. Sebutkan macam-macam kalimat!
3. Contohkan kalam secara sempurna!
4. Apa perbedaan dari fi’il madhi dan fi’il
amar?
5. Sebutkan alamat I’rob rofa’!
6. Apa yang mempengaruhi sebuah kalimat bisa
berubah ubah?
7. Apa bahasa arab dari “saya berdiri di depan
kelas membawa buku”?
8. Apa bahasa arab dari “bagaimana kabarmu
pagi ini”?
9. Maknai kalimat berikut “هذا الكتاب أحمر”
10. Apa jawaban yang tepat dari “كيف حالك هذا المساء؟”
B. Kisi kisi
1. Pilihan ganda
NO |
Kompetisi dasar |
Point |
1-4 |
Siswa mengetaui
tentang definisi kalam dan kalimat |
3 |
5-7 |
Siswa mengetahui
percakapan arab dasar (ta’aruf) |
3 |
8-11 |
Siswa dapat
memahami I’rob dan pembagiannya |
3 |
12-13 |
Siswa dapat
memahami perbedaan isim dan fi’il |
3 |
14-17 |
Siswa menguasai
memaknai mufrodat BA |
3 |
18-20 |
Siswa mampu
menelaah kalimat yang berbahasa arab |
3 |
20 |
|
60 |
2.
Essai
NO |
Kompetisi dasar |
Point |
1-3 |
Siswa dapat menguraikan dan mencohtohkan kalam dan kalimat |
4 |
4-7 |
Siswa dapat memahami I’rob dan dapat membedakan antara satu kalimat
dengan kalimat yang lainnya |
4 |
7-8 |
Siswa berkemampuan menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa arab |
4 |
9 |
Siswa berkemampuan menerjemahkan bahasa arab ke bahasa indonesia |
4 |
10 |
Siswa berkemampuan menjawab pertanyaan dari bahasa arab |
4 |
10 |
|
40 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar