هو أبو القاسم الحسن بن بشر بن يحيى
الآمدي. أصله من آمد، لكن مولده ووفاته بالبصرة..
Dia adalah Abu al-Qasim
al-Hasan bin Bishr bin Yahya al-Amidi. Asal usulnya dari Amed, tetapi kelahiran
dan kematiannya di Basra. Penyair dan ahli bahasa.
أَبو تَمّام (188 - 231 هـ / 803-845م)
هو حبيب بن أوس بن الحارث الطائي، أحد أمراء البيان، ولد بمدينة جاسم (من قرى
حوران بسورية) ورحل إلى مصر واستقدمه المعتصم إلى بغداد فأجازه وقدمه على شعراء
وقته فأقام في العراق ثم ولي بريد الموصل فلم يتم سنتين حتى توفي بها.
Abu Tammam (188-231 H /
803-845 M) adalah Habib bin Aws bin Al-Harith Al-Tai,[4] salah satu pangeran
Al-Bayan, Ia lahir di kota Jassim (dari desa Horan di Suriah)
dan pindah ke Mesir dan Al-Mu'tasim membawanya ke
Baghdad dan menyetujuinya dan menyajikannya kepada penyair Saat
itu, dia tinggal di Irak, kemudian mengambil alih jabatan Mosul, dan dia tidak
menyelesaikan dua tahun sampai dia meninggal di sana.
البُحْتُري (204 هجري - 280 هجري)؛
واسمه أبو عبادة الوليد بن عبيد بن يحيى التنوخي الطائي، أحد أشهر الشعراء العرب في
العصر العباسي.
Al-Buhturi (204 Hijriah -
280 Hijriah); Namanya Abu Ubadah Al-Waleed bin Ubaid bin Yahya Al-Tanukhi
Al-Ta'i, salah satu penyair Arab paling terkenal di era Abbasiyah.[5]
الموازنة في اللغة أخذت من الفعل (وزن
الموازنة اصطلاحا وهو (منهج نقدي
تطبيقي يرمي إلى تحقيق إحدى الغايتين الوصف والحكم أو كليهما معا وذلك بدراسة
أديبيـن أو أكثر دراسة شاملة على وفق معايير نقدية تختلف من ناقد لآخر تبعا لمذهبه
في الأدب ونقده )
والموازنة هي (أن تأتي الجملة من الكلام أو
البيت من الشعر فتزن الكلمات متعادل اللفظات في التسجيع والتجزئة معا في الغالب ).
Keseimbangan dalam bahasa
diambil dari kata kerja
keseimbangan secara
idiomatik (pendekatan kritis yang bertujuan untuk mencapai salah satu dari dua
tujuan deskripsi dan penilaian atau keduanya) dengan mempelajari dua atau lebih
penulis studi yang komprehensif menurut kriteria moneter yang berbeda dari satu
kritikus ke yang lain Menurut doktrinnya dalam sastra dan kritik.
Menyeimbangkan adalah
(bahwa kalimat berasal dari pidato atau ayat dari puisi, sehingga kata-kata
menimbang kata-kata yang sama dalam sajak dan fragmentasi bersama dalam banyak
kasus).
اسباب تأليف الامدي كتابه الموازنه:
عندما نقرا مقدمة الآمدي في كتابه
الموازنة بين أبي تمام والبحتري نلمح أسباب تأليف هذا الكتاب ومنها :(۱۷) 1. حاول الأمدي أن يضع مؤلفا قائما على
اعتماد الحق وتجنب الهـوى فـي الحكم والموازنة بين الشاعرين ،وفي تفضيل شاعر على
آخر في القصيدة الواحدة أو في
المعنى. ۲. عدم اتفاق رواة الأشعار المتأخرين قبل
الآمدي على أيهما اشعر سواء كان ذلك أبا تمـام أو البحتري على الرغم مـن انـهـم
فاضلوا بينهمـا لغزارة شعريهما وكثرة جيـديـهما وبدائعهما .ويذكر الأمـدي في
مقدمته أن الكتاب والإعراب والشعراء المطبوعين وأهل البلاغة فضلوا البحتري أمـا
أهل المعاني والشعراء أصحاب الصنعة فقد فضلوا أبا تمام وهناك كثير من الناس من
جعلهما في طبقة واحدة 3. لم يكن هم الأمدي تفضيل أحدهما أو أيهما اشعر من الآخر
بدلالة قوله :(ولست احب أن أطلق القول بأيهما اشعر عندي .، لتباين الناس في العلم
واختلاف مذاهبهم في الشعر ،ولا أرى لأحد أن يفعل ذلك فيستهدف لذم أحد الفريقين ...
فأما أنا فلست افصح بتفضيل أحدهما على الآخر ولكني أوازن بين قصيدتين من شعرهما
إذا اتفقتا في الوزن والقافية وإعراب القافية ،وبين معنى ومعنى فأقول :أيهما اشعر
في
تلك القصيدة ، وفي ذلك المعنى..)(۱۸).
Alasan Penulisan Buku Al-Amidi Balancing:
Ketika kita membaca pengantar Al-Amidi dalam bukunya
Balancing between Abi Tammam and Al-Buhturi, sekilas kita lihat alasan
penulisan buku ini, antara lain:(17) 1. Al-Amidi mencoba menulis seorang
penulis berdasarkan adopsi kebenaran dan menghindari keinginan dalam penilaian
dan keseimbangan antara dua penyair, dan dalam memberikan preferensi kepada
penyair atas yang lain dalam satu puisi atau dalam
makna. 2. Para perawi puisi yang terlambat sebelum
al-Amidi tidak setuju siapa di antara mereka untuk diungkapkan, apakah itu Abu
Tammam atau al-Buhturi, meskipun mereka membedakan antara mereka karena
banyaknya puisi mereka dan banyaknya kebaikan dan kreativitas Abu Tammam dan
banyak orang yang menempatkan mereka dalam satu lapisan 3. Bukan Al-Amdi yang
lebih memilih salah satunya atau yang mana yang saya rasakan di atas yang lain,
dalam arti perkataannya: Jika dia melakukan itu, dia akan bertujuan untuk
meremehkan salah satu dari dua pihak ... Bagi saya, saya tidak mengungkapkan
preferensi satu di atas yang lain, tetapi saya menyeimbangkan antara dua puisi
dari puisi mereka jika mereka setuju dalam bobot, rima dan sintaksis, dan
antara makna dan artinya, jadi saya katakan: Yang mana dari mereka yang saya
rasakan dalam
puisi itu, dan dalam arti itu..) 18).
ونستطيع أن نجمل ابرز القضايا النقدية
في كتـاب الموازنة ـ فضلا عما ذكرناه سابقا .وبحسب النقاط الآتية : 1. تعريف
البلاغة والبلاغة بمفهوم الآمدي هي إصابة المعنى وإدراك الغرض بألفاظ سهلة عذبة.
۲. تناول الآمدي مسائل
بلاغية كثيرة حين استعرض شعر أبي تمام ومن ذلك قبح الاستعارات والتجنيس وأورد لهما
أمثلة كثيرة حتى من الشعر القديم ،مثل شعر امرئ القيس والقطامي وجرير والفرزدق ۳.
مسالة صناعة الشعر وقد وضحنا ذلك في الصفحات السابقة 4. مسالة نقدية مهمة وهي هل
يمكن أن نحكم حكما صادقا على شاعرين ونقول ان أحدهما اشعر من الآخر ؟ أو أن هذا
ليس في مقدور النقاد ه. مهمة الناقد وقد وضحنا ذلك
6. ومن أهم القضايا التي عرضها الآمدي (السرقات
الشعرية )وتوصل إلى أن
:
أ. السرقات ليس من كبير عيوب الشعراء
ب. السرقة إنما هي في البديع المخترع
الذي يختص به الشاعر لا في المعاني
المشتركة.
ج. السرقة منها ما هو خاص ومنها ما هو
عام د.أقر الآمدي بتوارد الخواطر القائم بين أبناء البيئة الواحدة هـ. إذا نظم
الشاعران في معنى فان الأخذ ينسب إلى المتأخر منهما . و السرقة ثلاثة أنواع : 1.
سرقة اللفظ ۲. سرقة المعنى
3.سرقة اللفظ والمعنى ولا تكون السرقة إلا في المعاني ، إذ الألفاظ مباحة ، فاللفظ
يؤخذ ولا يعد أخذه سرقة.
ز لثقافة الشاعر أثر واضح في موضوع
السرقا . تحدث الآمدي عن موضوع الاستعادة ورأى إنها قديمة وموجودة في كلام الأوائل
،وان العربي يستعير المعنى لما ليس له ، ثم طبق ذلك على شعري أبي تمام والبحتري
فضلا عن قضايا نقدية أخرى مبثوثة في هذا المؤلف القيم .
Isu-isu moneter yang paling menonjol dapat kita
simpulkan dalam buku anggaran - selain yang telah kami sebutkan sebelumnya,
menurut poin-poin berikut: 1. Mendefinisikan retorika dan retorika dalam konsep
Amidi adalah untuk mencapai makna dan mewujudkan tujuan dengan mudah. dan
kata-kata manis.
2. Al-Amidi berurusan dengan banyak masalah retorika
ketika dia meninjau puisi Abu Tammam, termasuk keburukan metafora dan
naturalisasi, dan dia mengutip banyak contoh untuk mereka bahkan dari puisi
kuno, seperti puisi Imru' al-Qays, al- Qatami, Jarir dan al-Farazdaq3. Masalah
membuat puisi, dan kami telah mengklarifikasinya di halaman sebelumnya 4. Isu
kritis yang penting, yaitu dapatkah kami memberikan penilaian yang jujur
pada dua penyair dan mengatakan bahwa salah satunya lebih cerdas dari yang
lain? Atau bahwa ini bukan kemampuan kritikus e. Tugas kritikus dan kami telah
menjelaskan bahwa
6. Di antara masalah terpenting yang dikemukakan oleh
Al-Amadi (pencurian puisi), ia menyimpulkan bahwa:
a. Pencurian bukanlah salah satu cacat besar penyair
b. Pencurian ada dalam inovasi inventif yang khusus
untuk penyair, bukan dalam arti
umum.
c. Pencurian, ada yang bersifat pribadi, dan ada yang
bersifat umum Dr. Al-Amidi mengakui adanya telepati yang ada di antara
orang-orang yang berada di lingkungan yang sama e. Jika kedua penyair diatur
dalam suatu makna, pengambilan dikaitkan dengan yang terakhir dari mereka.
Pencurian ada tiga jenis: 1. Pencurian verbal 2. Mencuri maknanya 3. Mencuri
kata dan artinya, dan mencuri hanya maknanya saja, karena kata-kata itu boleh,
maka kata diambil dan diambil tidak dianggap mencuri.
Budaya penyair memiliki dampak yang jelas pada subjek
pencurian. Al-Amidi berbicara tentang masalah restorasi dan melihat bahwa itu
sudah tua dan ada dalam kata-kata orang-orang awal, dan bahwa orang Arab
meminjam makna untuk apa yang bukan miliknya, kemudian ia menerapkannya pada
puisi Abu Tammam dan Al- Buhturi serta isu-isu kritis lainnya dalam penulis
yang berharga ini.
إن أهم النتائج التي تمخض عنها هذا
البحث هي :
أولا
يعد كتاب الموازنة للأمدي من أعلى كتب النقد التطبيقية في النقد العربي القديم
،وهو من أهم مؤلفات الآمدي (ت ٣٧٠هـ) وأكثرها قيمة وأثرا في الدراسات النقدية
القديمة
والحديثة .
ثانيا:للكتاب فضل مهم في تصوير الحياة
الشعرية ، والتيارات الأدبية وأذواق النقـاد فـي النصف الأول من القرن الرابع
الهجري وقبله ،والحق أن أصول هذا الكتاب تعود إلى نقاد القرن الثالث ومؤلفيه وقد
صرح الآمدي بذلك
ثالثا: تبين لنا بالأدلة ومن خلال الدراسة
الفاحصة للكتاب أن الآمدي من أولئك النقاد الذين يؤثرون الطبع على التكلف
والقريحـة على البحـث ،ولذلك كـان الآمدي بحتري الهـوى متحاملا شديدا على أبي تمام
ولم يستطع أن يجاهد النفس ويتجنب الغرض ،وقد وضحنا كل ذلك بالأمثلة والأدلة
والشواهد في ميله الواضح إلى جانب البحتري
رابعا : إن الأمـدي لـم يستطع أن يطبق
نظرياته التي دعا إليها ،فقـد قـرر الموازنة بين الشاعرين في قصيدتين من شعرهما
متفقتين في الوزن والقافية وإعراب القافية وان يـوازن بین معنى ومعنى ولكنه في
التطبيق وازن بين الطائيين في افتتاح القصائد من ذكر الوقوف على الديار والآثار
ووصف الدمن والأطلال والتسليم عليها وغير ذلك ولكن فضله من جهة أخرى انه نقل النقد
العربي من أحكام نقدية على الجزئيات تخصص الأبيات المفردة إلى أحكام نقدية عامة
وشاملة تطبق على الكليات وبين شاعرين بين فضلهما ورديء شعرهما
في مختلف الأغراض الشعرية
خامسا : تبرز أهمية الكتاب الكبيرة في القضايا
النقدية المهمة التي احتوى عليها وتكلم الأمدي عليها مثل صناعة الشعر والسرقات
الشعرية ومهمة الناقد وغيرها
سادسا : إن للموازنة دلالة تعطيها كلمات أخرى
مثل المقابلة والمفاضلة والمقارنة والمقايسة وهو ما يتجلى لنا في رجوعنا إلى
المعجمات العربية .
سابعا : للكتاب قيمة نقدية ولغوية
كبيرة بدلالة كثرة الكتب والدراسات التي كتبت عن الموازنة للآمدي ومنها رسائل
ماجستير عرضنا قسما منها
.
ثامنا : تدعو الباحثة إلى دراسة جديدة
لكتاب الموازنة في ضوء ما كتب عن هذا الكتاب ، لوجود وجهات نظر مختلفة لدارسي هذا
الكتاب ،وتقديمه إلى القارئ كتابا نقديا مهما شاملا وجامعا لقضايا النقد العربي في
ضوء الدراسات القديمة والحديثة.
تاسعا : ترى الباحثة ضرورة تحقيق كتاب الموازنة
من جديد ، علما أنني اعتمدت على آخر طبعه وهي بتحقيق الشيخ محمد محيي الدين عبد
الحميد الخالية من الفهارس الضرورية التي يحتاج إليها كل من يقرا هذا المؤلف المهم
،فضلا عن تقصير المحقق في جوانب مهمة من جوانب التحقيق العلمي .
Hasil terpenting dari penelitian ini adalah: Pertama,
buku anggaran Al-Amadi adalah salah satu buku kritik terapan tertinggi dalam
kritik Arab kuno, dan merupakan salah satu buku terpenting Al-Amidi (w. 370 H).
dan yang paling berharga dan berpengaruh dalam studi kritis kuno dan modern.
Kedua: Buku ini memiliki manfaat penting dalam
menggambarkan kehidupan puitis, arus sastra, dan selera para kritikus pada
paruh pertama abad keempat Hijriah dan sebelumnya. abad dan penulisnya.
Al-Amidi menyatakan bahwa. Salah satu kritikus yang lebih memilih temperamen
untuk keras kepala dan keangkuhan untuk penelitian, dan itulah sebabnya
Al-Amidi Bahtri Al-Hawa sangat berprasangka buruk terhadap Abu Tammam dan tidak
mampu berjuang dengan dirinya sendiri dan menghindari tujuan.Ia menerapkan
teori-teori yang ia serukan, sehingga ia memutuskan untuk menyeimbangkan dua
penyair dalam dua puisi mereka, yang selaras dalam bobot, ekspresi rima dan
rima, dan untuk menyeimbangkan antara makna dan makna, tetapi dalam
penerapannya ia menyeimbangkan antara Tai'in dalam pembukaan puisi dari
menyebutkan berdiri di atas rumah dan reruntuhan, menggambarkan bendungan dan
reruntuhan dan menerima mereka dan hal-hal lain, tetapi jasanya Di sisi lain,
ia mentransfer kritik Arab dari keputusan kritis pada hal-hal khusus, yang
mengkhususkan syair-syair individual, hingga aturan-aturan kritis umum dan
komprehensif yang diterapkan pada perguruan tinggi, dan antara dua penyair
antara kebaikan dan keburukan puisi mereka di M. Perbedaan tujuan puitis Kelima: Keutamaan buku
menyoroti masalah moneter penting yang dikandungnya dan dibicarakan Al-Amdi,
seperti pembuatan puisi, pencurian puitis, tugas kritikus dan lain-lain Keenam:
Keseimbangan memiliki makna yang diberikan dengan kata-kata lain seperti
perbandingan, perbandingan, perbandingan dan perbandingan, yang terbukti bagi
kita dalam kembalinya kita ke kamus bahasa Arab. Ketujuh: Buku ini memiliki
nilai moneter dan bahasa yang besar mengacu pada banyaknya buku dan penelitian
yang telah ditulis tentang anggaran untuk Amidi, termasuk tesis master, kami
telah menyajikan beberapa di antaranya.
Kedelapan: Peneliti menyerukan studi baru tentang buku
penganggaran mengingat apa yang ditulis tentang buku ini, karena ada perbedaan
sudut pandang untuk studi buku ini, dan untuk menyajikannya kepada pembaca
sebuah buku kritis penting yang komprehensif dan inklusif terhadap isu-isu
kritik Arab dalam terang studi kuno dan modern.
Kesembilan: Peneliti berpendapat bahwa perlu untuk
memverifikasi ulang buku anggaran, mengetahui bahwa saya mengandalkan edisi
terbaru, yaitu investigasi Syekh Muhammad Muhyi Al-Din Abdul Hamid, yang tidak
memiliki indeks yang diperlukan oleh semua orang. yang membaca penulis penting
ini, serta kegagalan penyelidik dalam aspek penting penyelidikan ilmiah. .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar